Navigasi

 Kerja Sama
Kerjasama

Informasi Lainnya
  Halaman Utama
 
Untuk melakukan kerja sama dengan Jurnal Ilmiah JATI Program Studi  Sistem Informasi Unikom, silahkan hubungi:

JURNAL JATI ISSN : 2088-2270

http://jati.is.unikom.ac.id
 
 
 
KANTOR REDAKSI
Gedung Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Kampus 5, Lantai 2.
Jl. Dipatiukur No. 112-114 Bandung 40132
Telp. (022) 2501449, Fax. (022) 2533754
Email : jati@unikom.ac.id
 
 
KEBIJAKAN EDITORIAL
 
Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) diterbitkan oleh Fakultas Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Bandung secara berkala (setiap enam bulan sekali) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan lain-lain.
JATI menerima kiriman artikel hasil riset bidang teknologi dan informasi yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke JATI tidak dikirimkan atau telah dipublikasi dalam jurnal yang lain. Agar hasil riset bidang teknologi dan informasi yang dimuat dalam JATI dapat bermanfaat untuk pengembangan bidang teknologi dan informasi, penulis artikel berkewajiban memberikan data riset kepada yang memerlukannya.
Penentuan artikel yang dimuat dalam JATI melalui proses blind review oleh JATI, dengan mempertimbangkan antara lain : terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metodologi riset yang digunakan, dan signifikansi kontribusi hasil riset terhadap pengembangan keilmuan bidang teknologi dan informasi. Editor bertanggung jawab untuk memberikan telaah konstruktif, dan jika dipandang perlu menyampaikan hasil evaluasi kepada penulis artikel. Artikel dikirim ke editor JATI dengan alamat :
 
Gedung Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Kampus 5, Lantai 2.
Jl. Dipatiukur No. 112-114 Bandung 40132
Telp. (022) 2501449, Fax. (022) 2533754
Email : jati@unikom.ac.id
 
 
 
PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL
 
Berikut ini adalah pedoman penulisan artikel dalam JATI yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi penulis.
  1. Sistematika pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:
Abstrak bagian ini memuat ringkasan riset, antara lain mengenai : masalah riset,tujuan, metode, temuan, dan kontribusi hasil riset. Abstrak disajikan di awal teks dan terdiri antara 100 s/d 150 kata (sebaiknya disajikan dalam Bahasa Inggris) dan ditulis miring (italic) . Abstrak diikuti dengan tiga kata kunci (keywords) untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
 
  • I. Pendahuluan menguraikan latar belakang penbelitian,identifikasi dan rumusan masalah, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan penelitian dan pembatasan masalah.
  • II. Kajian Pustaka, memaparkan teori-teori yang relevansinya tinggi dengan penelitian yang dilakukan. Harus memuat sekurang-kurangnya minimal 3 buah referensi (buku/jurnal) yang terbaru. Untuk penelitian yang dilakukan terhadap sebuah produk/sistem infomasi yang sudah digunakan dalam sebuah perushaan perlu memaparkan kerangka pemikiran dan hipotesis.
  • III. Objek dan metode penelitian memuat:
a) objek penelitian menguraikan objek yang diteliti sesuai dengan judul penelitian.
b) Metode Penelitian menjelaskan langkah-langkah/metode yang digunakan dalam penelitian.
  • IV. Hasil penelitian menguraikan hasil penelitian secara jelas dan terstruktur.
  • V. Kesimpulan dan saran menguraikan kesimpulan penelitian harus menjawab tujuan dari penelitian tersebut, dan saran berisi solusi dari kelemahan penelitian,temuan dan keterbatasan penelitian.
  • VI. Daftar Pustaka memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Hanya sumber yang diacu yang dimuat di daftar referensi ini.
  1.  
  2. Artikel diketik dengan menggunakan Microsoft Word, jenis huruf yang digunakan adalah Times News Roman ukuran 11. Jarak baris satu spasi pada kertas B5 (18,2 cm x 15,7 cm). Kutipan langsung yang panjang (lebih dari tiga baris) diketik dengan jarak baris satu dengan indented style (bentuk berinden).
  3. Panjang artikel berkisar 10 -11 halaman.
  4. Margin atas,bawah,kiri dan kanan 2 cm.
  5. Halaman muka (cover) setidaknya menyebutkan judul artikel dan identitas penulis.
  6. Semua halaman, termasuk tabel, lampiran, dan referensi harus diberi nomor urut halaman.
  7. Tabel/gambar sebaiknya dapat disajikan pada halaman terpisah dari badan tulisan (umumnya di bagian akhir naskah). Penulis cukup menyebutkan pada bagian di dalam teks,tempat pencantuman tabel atau gambar.
  8. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut,judul yang sesuai dengan isi tabel atau gambar, dan sumber kutipan (bila relevan).
  9. Kutipan dalam teks sebaiknya ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis,tahun,koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.
Contoh :
a. Satu sumber kutipan dengan satu penulis (Brownell 1981). Jika disertai nomor halaman : (Brownell 1981).
b. Satu sumber kutipan dengan dua penulis (Frucot dan Shearon 1991).
c. Satu sumber kutipan dengan lebih dari dua penulis (Gul dkk.1995 atau Hotstede et al.1990).
d. Dua sumber kutipan dengan penulis yang berbeda (Dunk 1990; Mia 1988).
e. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama (Brownell 1981,1983. Jika tahun publikasi sama (Brownell 1982a,1982b).
f. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya,(IAI,1994).
 
10. Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) dengan ketentuan penulisan sebagai berikut :
  • a.Daftar pustaka disusun alfabetis sesuai dengan nama penulis atau nama institusi.
  • b.Susunan setiap referensi : nama penulis,tahun publikasi,judul jurnal atau buku teks,nama jurnal atau penerbit,nomor halaman.
  • c.Contoh :
  • American Accounting Association,Committee on Concepts and Standards for External Financial Riports.1997.Statement on Accounting Theory and Theory Acceptance.Sarasota,FL : AAA