Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17

Page 1 of 17
next >

19

PROTOTIPE SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN

KEGIATAN DI ORGANISASI

Citra Noviyasari, S.Si, MT

Dosen Program Studi Sistem Informasi

Universitas Komputer Indonesia

ABSTRAK

Pada suatu organisasi, terkadang akan mengadakan suatu kegiatan, dalam

pelaksanaan kegiatan terdapat beberapa permasalahan yaitu masih kesulitan dalam

memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugasnya, diantaranya

penentuan peserta dan jumlah peserta, lama kegiatan dan biaya penyelenggaraan.

Penelitian ini akan memberikan solusi dengan merancang prototipe Sistem Informasi

pengelolaan kegiatan di suatu organisasi.

I. PENDAHULUAN

Pada suatu organisasi atau lembaga, terkadang akan melakukan suatu kegiatan

yang dapat melibatkan internal lembaga maupun eksternal lembaga. Kegiatan tersebut

dapat berupa kegiatan pelatihan, lokakarya ataupun silahturahmi. Pada setiap

pelaksanaan kegiatan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu siapa yang

akan diundang sebagai peserta yang diundang, lama kegiatan serta menentukan

susunan acara selama kegiatan berlangsung dan biaya yang akan dikeluarkan untuk

pelaksanaan kegiatan tersebut.

Selain itu ketika kita akan melaksanakan kegiatan, hal pertama kali yang harus

dipikirkan adalah menentukan tim pelaksana kegiatan, dimulai dari membuat susunan

kepanitiaan – dari ketua pelaksana hingga semua personil yang akan terlibat dalam

kegiatan tersebut. Dan ketika kegiatan selesai dilakukan, maka yang juga harus

diperhatikan adalah tatacara pelaporan pelaksanaan kegiatan tersebut kepada pimpinan

organisasi atau lembaga.

Melihat kondisi tersebut, maka terbitlah ide untuk membuat suatu aplikasi yang

akan dapat memberikan solusi dalam memudahkan urusan administrasi ketika

pelaksanaan kegiatan. Solusi yang ditawarkan akan memaksimalkan penggunaan

Teknologi agar dapat memberikan informasi yang bernilai kepada organisasi atau

lembaga. Aplikasi ini akan memiliki fungsi untuk membuat susunan kepanitian,

menentukan peserta yang diundang dan membuat undangannya, menghitung jumlah

biaya yang dikeluarkan dan laporan pelaksanaan kegiatan.

II. KAJIAN PUSTAKA

2.1

Konsep Dasar Sistem Informasi

Sistem mempunyai peranan penting dalam kegiatan suatu organisasi terutama

dalam mencapai tujuan organisasi tersebut.

Menurut Mcleod dalam buku Al-Bahra (2005 : 3) sistem merupakan sekelompok

elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.