Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17Page 18

Page 1 of 18
next >

1

APLIKASI MOBILE PIANO, GITAR, DAN DRUM

VIRTUAL BERBASIS ANDROID

(Studi Kasus : Purwacaraka Music Studio)

Oleh :

Lusi Melian, S.Si, MT

Hendi Hermawan, S.Kom

ABSTRAK

Penggunaan smartphone selain sebagai media komunikasi, juga menjadikanya

sebagai media pembelajaran. Beragam aplikasi hingga permainan telah banyak yang

berjalan dalam smartphone Android. Dalam bidang musik, ada salah satu perusahaan

yang sudah cukup besar dan telah banyak berkontribusi dalam bidang musik di

Indonesia yakni Purwacaraka Music Studio (PCMS). Adapun sistem pengajaran di

Purwacaraka Music Studio dalam 1 bulan siswa mendapat 4 kali pelajaran, yang

proses pengajarannya hanya dilakukan di tempat. Bila dalam 1 bulan terdapat 5

minggu, maka pada minggu ke-5 tersebut tidak ada kegiatan belajar mengajar. Dalam

1 pelajaran dengan durasi 1x30 menit, dan bagi siswa yang absen/ terlambat datang

tidak ada penggantian waktu. Serta alat bantu belajar untuk belajar masih

menggunakan buku.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa

terhadap alat musik. Penulis memilih siswa pada tingkat pemula sebagai sampel

pengguna aplikasi, karena minat terhadap proses belajar secara teoritis, mengingat

anak‚Äďanak lebih suka bermain dan belajar. Penelitian ini menggunakan perancangan

metodologi penelitian perangkat lunak menggunakan metode prototipe, sedangkan

untuk pemodelan datanya menggunakan metode pemodelan berorientasi objek. Alat

bantu yang digunakan untuk menganalisis penyusunan menggunakan Unified

Modelling Language (UML).

Adapun kemudahan yang didapatkan dalam aplikasi ini adalah bertambahnya alat

bantu untuk belajar yang sebelumnya hanya menggunakan buku materi berisi teks dan

gambar, dengan ini siswa pemula secara bersamaan dapat mempraktekan materi-

materi yang ada di aplikasi ini. Sehingga dapat mengasah sejauh mana kemampuan

para siswa di tingkat pemula.

I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian

Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan pengaruh yang sangat besar

bagi dunia teknologi informasi. Munculnya beragam aplikasi memberikan pilihan

desktopweb

hingga yang sekarang ini munculnya aplikasi-aplikasi baru yang berjalan dalam telepon

seluler (ponsel).

Tidak heran jika dunia IT (Informasi Teknologi) yang selalu mengalami

perkembangan yang pesat dan salah satunya adalah ponsel. Indonesia termasuk

kedalam pengguna ponsel terbanyak No. 4 di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.

Jumlah ponsel di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 250.100.100 buah

handphone

handphone